Follow me on Twitter RSS FEED

ECS A885GM-A2 – Motherboard Bertema Hijau, Memiliki Performa Tinggi

Posted in
Sumber : http://chip.co.id/articles/lab/2010/12/15/ecs-a885gm-a2-motherboard-bertema-hijau-memiliki-performa-tinggi/
ECS-A885GM-A2-1
Chipset AMD 880G memang bukan merupakan chipset yang tergolong baru. Walaupun begitu, chipset tersebut masih mendapatkan respon positif dari pada produsen motherboard. Hal tersebut terbukti dengan maraknya motherboard yang dilengkapi dengan chipset tersebut. Salah satunya adalah ECS yang kini kembali datang dengan motherboard terbarunya, A885GM-A2
.
Untuk boardnya ini, kali ini ECS memilih tema hijau dalam merancang board ini. Terlihat logo “green touch, good life” pada box board ini. Selain itu, ECS juga merancang board ini dengan menggunakan PCB berwarna hijau yang menjadikannya terlihat menarik. ECS juga menyertakan tiga buah LED yang akan menginformasikan kondisi beban pada power regulator yang menyalurkan daya ke prosesor. Tentunya LED tersebut juga akan membuat board ini terlihat menarik ketika dihidupkan.
Tidak seperti board ECS Black Series dengan chipset AMD 880G yang pernah CHIP tes sebelumnya, board ini menggunakan chip SB 850 sebagai southbridge-nya. Penggunaan soutbridge SB850 tentunya membuat board ini mengungguli ECS Black Series terutama dalam hal penggunaan teknologi storage SATA 3. Selain perbedaan dalam penggunaan chip southbridge, ECS juga mendesain board ini dengan menyediakan dua buah slot PCIe 16x untuk mendukung mode CrossFireX.
Selain CrossFireX, board ini juga mendukung Hybrid CrossFireX, karena pada board ini terdapat onboard graphics AMD Radeon HD 4250 yang berasal dari chipset AMD 880G. Untuk output onboard graphics-nya, seperti halnya board ECS Black Series, ECS hanya menyediakan port DVI dan D-Sub, tanpa port HDMI.
Pendingin yang disertakan dalam motherboard ini memiliki bentuk yang minimalis.
Pendingin yang disertakan dalam motherboard ini memiliki bentuk yang minimalis.
Dari segi fisik, board ini tampak amat sederhana. Kesederhanaan tersebut terlihat jelas dari desain heat- sink yang dipergunakan. ECS hanya menyediakan   heatsink sederhana untuk mendinginkan chipset dan southbridge, sedangkan untuk mosfet dibiarkan terbuka tanpa dilengkapi pendingin. Walaupun begitu, panas yang dihasilkan oleh chipset berhasil ditekan dengan baik oleh heatsink itu. Kesederhanaan juga terlihat dari paket penjualan dalam board ini, ECS hanya memberikan SATA cable selain driver disc dan manual book, tanpa tambahan apapun.
Walaupun dari segi fisik, board ini tampak kurang meyakinkan. Namun, hasil pengujian yang diraih board ini tergolong tinggi. Tercatat, board ini menghasilkan score 192 point dan 6939 point untuk pengujian SysMark 2007 dan PCMark Vantage. Skor yang tergolong tinggi untuk board 880G.
ECS-A885GM-A2-3
ECS-A885GM-A2-4

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar-lah yang sopan & santun, tidak mengandung unsur-unsur yang merugikan.